Pengertian Dari Grammar

Pengertian Dari Grammar. Grammar atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan Tata Bahasa merupakan salah satu bagian yang paling penting untuk dikuasai saat mempelajari Bahasa Inggris. Setiap bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi, pasti masing-masing memiliki atau membutuhkan tata bahasa yang berguna untuk menyusun susunan kata agar bisa mempunyai makna tertentu dalam pengucapannya. Semua bahasa memiliki grammar, dengan grammar bahasa akan lebih tertata, karena hal itulah belajar grammar bahasa inggris sangat penting.

Namun, hampir sebagian orang merasa kesulitan ketika sedang mempelajari dan memahami tentang grammar ini. Padahal, grammar ini menjadi hal penting juga dalam berbahasa Inggris. Bahkan beberapa dari kalian merasa takut atau malas untuk belajar bahasa Inggris karena satu hal ini. Ada yang bilang susah menghafalkanlah, terlalu banyaklah, dan masih banyak lagi alasan-alasan klasik lainnya. Sebenarnya grammar lebih difokuskan pada penggunaan bahasa yang cenderung lebih resmi, meskipun secara tidak langsung dalam penggunaan bahasa tidak resmi atau informal juga memerlukan grammar ini.

Grammar ini memiliki 8 bagian atau biasa disebut part of speech, diantaranya ialah :

  1. Pronoun (Kata ganti). Kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda. Kata benda tersebut berupa orang atau benda, sebagai contohI, you, they, we, she, he, it, us, her, his, them, mine, yours, its.
  2. Noun (Kata benda). Noun adalah kata benda dalam bahasa inggris yang digunakan untuk mewakili nama orang, benda, hewan, gagasan dan lain-lain. Oleh karena itu, noun merupakan bagian penting dari sebuah kalimat. Di dalam noun terdapat dua jenis noun utama, yaitu abstract noun dan concrete noun, kemudian concrete noun dibagi kembali menjadi beberapa jenis noun seperti common noun, proper noun, collective noun, material noun dan juga compound noun.
  3. Verb (Kata kerja). Kata kerja adalah kata yang digunakan untuk menunjukan tindakan yang dilakukan oleh subjek. Kata kerja erat kaitannya dengan tense, Silahkan baca macam-macam tense. Sebagai contoh kata kerja go, went, help, count dan lain-lain.
  4. Adjective(Kata sifat). Kata sifat merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan kata benda atau kata ganti. Definisi tersebut menunjukan bahwa setiap kata sifat memiliki kekuatan yang besifat membatasi. Dari sisi peletakan kata sifat umumnya diletakan sebelum kata benda. Sebagai contoh beautiful bali, kata beautiful menerangkan kata bali. Jadi, beautiful bali diterjemahkan menjadi bali yang indah. Meski demikian, dalam beberapa kasus, kata sifat muncul setelah kata benda. Contoh: She cooks her food alone dalam kalimat tersebut alone merupakan kata sifat sedangkan food adalah kata bendanya.
  5. Adverb (Kata keterangan). Kata keterangan merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan kata kerja, kata sifat atau kata keterangan lainnya. Contohnya very.
  6. Determiner. Determiner merupakan kata atau kelompok kata yang di letakan didepan kata benda yang berpungsi untuk membatasi makna kata benda tersebut. Contohnya the, a, any dan lain-lain.
  7. Preposition (Kata depan). Preposistion merupakan kata yang umumnya diletakan di depan kata benda atau kata ganti untuk menunjukan letak, arah, atau waktu dengan kata benda tersebut. Contoh kata depan at, in dan on. Contoh kalimatnya: I help my mother in the home (saya membantu ibu saya di rumah). Perhatikan kata in sebelum the home, jika kata the home tanpa diberi awalan in makan maknanya sebuah rumah bukan di rumah.
  8. Conjunction (Kata hubung). Conjunction dalam bahasa Inggris diartikan sebagai kata sambung. Kata sambung digunakan untuk menyambung dua kata-kata atau kalimat. Berikut ini adalah contoh dari conjunction (kata sambung) dalam bahasa Inggris : And, If,Therefore, Until, But, Although, Because, After, Before, As, Also, When, Or, For, While, Otherwise, Besides, Whereas, Then, Yet, Even, Whetever, Both, As if, So far as, Accordinglyt, That,

Mengacu pada bagian grammar atau yang biasa disebut dengan part of speech itu, tentu kita bisa menyadari bahwa memang grammar adalah hal penting yang harus dikuasai dalam bahasa Inggris. Karena banyak orang yang merasa kesulitan ketika harus menguasai grammar yang mempunyai 8 bagian part of speech itu, mereka jadi malas untuk belajar dan berlatih, padahal, ada banyak tips-tips jitu yang bisa mambuat kita mampu menguasai grammar dengan mudah.

Jika kalian berminat untuk belajar lebih jauh tentang grammar, kalian dapat langsung datang atau menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

 

tags: , , , , , , , ,