Perbedaan Penggunaan Can I, Could I, dan May I

Perbedaan Penggunaan Can I, Could I dan, May I. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara meminta ijin, mengajukan permintaan, atau memohon persetujuan (asking for permission) dengan menggunakan modal. Dalam bahasa Inggris, modal merupakan kelompok kecil dari auxiliary verb (is, am, are, do, does, have, has, will, dan lain-lain).

Ketiga frasa yang akan kita bahas kali ini dapat menjadi sedikit membingungkan karena ketiganya bisa berarti ‘dapatkah saya … ?” namun digunakan dalam berbagai situasi yang berbeda dan dengan fungsi yang berbeda pula. Bagaimana frasa Can I, Could I, dan May I ini bisa kita bedakan? Apa saja fungsinya dalam tiap situasi berbeda? Kemudian bagaimana penerapannya dalam setiap kalimat dan percakapan sehari-hari? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Asking for permission with ‘CAN I … ?’

Modal yang pertama adalah ‘can’ atau dalam frasanya, misalnya menjadi ‘Can I … ?’. Frasa ini adalah cara yang paling kasual dalam mengajukan permintaan atau permohonan. Kata ‘can’ umum digunakan ketika bercakap-cakap bersama teman, rekan kerja, dan anggota keluarga. Apabila kita lawan bicara kita adalah orang yang dekat atau familiar, kita bisa langsung saja menggunakan ‘can I …?’ dalam percakapan.

1.) I heard that you brought the car. Can I see it? (Aku dengar kau membawa mobil itu. Bisakah aku melihatnya?)
2.) Can I get something to eat? (Bisakah aku mendapatkan sesuatu untuk dimakan?)
3.) Can I borrow your pen? I lost mine. (Bisakah aku meminjam penamu? Aku kehilangan pena milikku.)

Dalam grammar bahasa Inggris yang tradisional, ‘can I … ?’ dahulu tidak digunakan untuk mengajukan permintaan. Akan tetapi aturan ini telah berubah dalam 50 tahun belakangan. Pada jaman ini, frasa ‘can I … ?’ adalah frasa yang paling umum digunakan dari ketiga frasa yang sedang dibahas ini.

2. Asking for permission with ‘MAY I … ?’

Modal selanjutnya yang umum digunakan adalah ‘may I …?’. Menggunakan frasa ini adalah cara yang paling formal untuk mengajukan permintaan dalam bahasa Inggris. Bahasa yang formal ini berguna untuk berbicara pada orang asing dan ketika ada jarak atau kesenjangan yang besar antara kita dengan lawan bicara. Dari kedua frasa tersebut, ‘may I … ?’ dianggap lebih sopan.

1.) May I go to the bathroom? (Bolehkan saya pergi ke kamar mandi?)
2.) May I talk to the owner of this agency? I made an appointment. (Bolehkah saya berbicara pada pemilik agensi ini? Saya sudah membuat janji.)
3.) My phone’s battery died. May I borrow the phone? (Baterai telepon saya mati. Bolehkan saya meminjam teleponnya?)

3. Asking for permission with ‘COULD I … ?’

Menggunakan frasa ‘could I … ?’ adalah cara yang baik untuk mengajukan permintaan untuk sesuatu yang tergolong lebih ‘besar’. Dengan kata lain, kita meminta Sesuatu yang di mana kita merasa tidak nyaman memintanya.

1.) I’m sorry, I left my glasses. Could you please read the menu for me? (Maaf, saya meninggalkan kacamata saya. Bisakah Anda membacakan menunya untuk saya?)
2.) Could you attend the meeting with the board? (Bisakah Anda menghadiri rapat bersama para direksi?)
3.) Could you please send the file to me by e-mail by this afternoon? (Bisakah Anda mengirim berkasnya pada saya melalui e-mail sebelum malam ini?)

Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 082320055005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,