Pengertian Grammar Dan Penjelasannya

Pengertian Grammar Dan Penjelasannya. Ketika kalian mendengar kata grammar, hal pertama yang mungkin hadir di benak kalian adalah rumit, pusing, sulit, dan hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya. Sebenarnya grammar ini sangatlah penting lho. Karena kalian pasti akan merasa kesulitan menguasai bahasa Inggris jika kalian tidak memahami grammar. Secara garis besar grammar adalah ilmu tata bahasa yang harus dipelajari guna menguasai ke-4 keterampilan berbahasa Inggris, speaking, writing, reading, ataupun listening dengan benar. Jika ada orang bertanya apakah mempelajari grammar itu penting, tentunya anda tahu sendiri bahwa pengaruh grammar mencakup ke-4 keterampilan berbahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, grammar terdiri dari 8 bagian (atau biasa disebut part of speech). Mari kita bahas satu-persatu.

8 Bagian Part Of Speech

  1. Pronoun (kata ganti)
    Kata ganti adalah kata yang digunakan untuk mengganti kata benda berupa orang atau benda. Contoh kata ganti adalah I, me, mine, dan myself. Penjelasan lengkap tentang kata ganti dapat kalian baca di Macam- macam, Pengertian, dan Contoh Kalimat Pronoun.
  2. Noun (kata benda)
    Kata benda adalah kata yang digunakan untuk menamai orang, benda, tempat, hewan, atau konsep abstrak. Contohnya adalah teacher, Surabaya, chair, dog, dan sadness. Penjelasan lengkap tentang kata benda yang dapat dihitung dan tidak kalian baca di Kata Benda Dalam Bahasa Inggris.
  3. Verb (kata kerja)
    Kata kerja adalah kata untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan subjek, peristiwa, atau keadaan. Contohnya adalah awake, awoke, dan awoken.
  4. Adjective (kata sifat)
    Kata sifat adalah kata yang berfungsi menerangkan kata benda atau kata ganti. Contoh kata sifat adalah easy, excited, dan satisfying.
  5. Adverb (kata keterangan)
    Kata keterangan adalah kata untuk mendeskripsikan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain. Contohnya adalah carefully, fast, dan very.
  6. Determiner
    Determiner adalah kata atau kelompok kata yang ditempatkan di depan kata benda untuk membatasi makna kata benda tersebut. Contoh determiner adalah the, a, an, some, any, dan sebagainya.
  7. Preposistion (kata depan)
    Kata depan atau preposisi adalah kata atau kelompok kata yang umumnya diletakkan di depan kata benda atau kata ganti untuk menunjukkan hubungan letak, arah, atau waktu dengan kata benda tersebut. Contoh kata depan adalah at, in, dan on.
  8. Preposistion (kata depan)
    Kata depan atau preposisi adalah kata atau kelompok kata yang umumnya diletakkan di depan kata benda atau kata ganti untuk menunjukkan hubungan letak, arah, atau waktu dengan kata benda tersebut. Contoh kata depan adalah at, in, dan on.

Bagi sebagian orang, grammar itu susah. Namun, intinya adalah memahaminya secara perlahan dan terus menerus. Semoga penjelasan di atas membantu Anda memahami apa itu grammar. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait grammar bahasa Inggris, Kursus bahasa Inggris, kalian dapat menghubungi  Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , ,