Kesalahan Saat Belajar Bahasa Inggris yang Sering Terjadi

Kesalahan Saat Belajar Bahasa Inggris yang Sering Terjadi. Pada saat mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu yang tidak singkat untuk dapat mahir menguasai bahasa baru tersebut. Begitu juga dengan mempelajari bahasa Inggris. Walaupun sudah belajar berulang kali sejak SD pun pasti masih akan ditemukan kesalahan. Dan kesalahan tersebut biasanya tidak jauh dari tata bahasanya. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan paling umum yang sering terjadi di kalangan pelajar yang sedang belajar bahasa Inggris.

Bentuk Kalimat Pertanyaan Salah

Dalam bahasa Indonesia, biasanya bentuk kalimat pertanyaan sama saja dengan pertanyaan apa, siapa, bagaimana, dan lainnya. Namun dalam bahasa Inggris, perlu diperhatikan bahwa tetap akan ada kata kerja di dalamnya. Dan kata kerja tersebut pada umumnya menggunakan akhiran –ing.

Sebagai contohnya, sering kita temukan kalimat pertanyaan “Do you like swim?” yang dapat dimengerti bahwa ia menanyakan apakah kita suka berenang. Namun kalimat tersebut salah karena seharusnya yang benar adalah “Do you like swimming?”. Kesalahan seperti ini sering terjadi. Satu hal yang harus kalian ingat agar dapat membuat kalimat tanya dengan mudah adalah untuk selalu menggunakan akhiran –ing jika menanyakan suatu aksi atau kata kerja.

Perubahan Konjugasi Untuk Present Tense

Bahasa Inggris dibandingkan bahasa asing lainnya notebene jauh lebih mudah dalam hal konjugasi atau perubahan bentuk kata kerja sesuai waktunya. Terutama di bagian waktu present atau masa kini yang tidak memiliki perubahan apapun kecuali di bagian orang ketiga tunggal (he, she, it).

Perlu selalu diingat bahwa dalam kata kerja waktu masa kini untuk orang ketiga tunggal, Anda harus menambahkan “s” di belakangnya. Berikut contoh perbedaannya.

  • I like reading.
  • She likes reading.

Penambahan “s” di belakang kata kerja tersebut yang sering dilupakan oleh banyak orang yang masih belajar bahasa Inggris. Kesalahan ini semakin sering terjadi di kalangan pembelajar bahasa Inggris dan ditakutkan penambahan “s” akan hilang sepenuhnya jika terus dibiarkan.

Menggunakan Akhiran –ing Untuk Menyatakan Perasaan

Mari kita lihat contoh kalimat berikut ini: “I am boring!” Mungkin kalimat itu memang benar jika ingin mengatakan bahwa membosankan. Namun, sering kali orang yang masih belajar bahasa Inggris malah menggunakan kalimat tersebut untuk mengatakan dirinya sedang merasa bosan.

Dalam bahasa Inggris, untuk menyatakan perasaan kalian, akhiran yang harus digunakan adalah –ed bukan –ing. Jadi, jika kalian ingin mengatakan bahwa kalian merasa bosan, gunakan kalimat “I am bored by this situation”.

Lupa Memakai Artikel

Artikel di sini bukan artikel yang ada di koran, majalah, ataupun di internet. Mungkin agak sulit menjelaskannya karena dalam bahasa Indonesia sendiri tidak ada konsep artikel. Namun dalam bahasa Inggris ada suatu bagian dari kalimat yang dinamakan sebagai artikel berbentuk “the” atau “a / an”.

Sebagai contoh, kalimat “Dog running at the park” tidak memiliki makna yang pasti dan bukan sebuah kalimat lengkap dalam bahasa Inggris. Untuk membuat kalimat tersebut menjadi lengkap, harus diberi tambahan artikel di depannya. ”The dog running at the park” (Anjing yang lari di taman) atau “A dogrunning at the park” (Seekor anjing yang lari di taman).

Mencampurkan Waktu Present Perfect dan Past Simple

Bahasa Inggris memang cukup menyulitkan di bagian mode waktu kata kerjanya. Ada begitu banyak jenis waktu yang digunakan dan sering kali akan tertukar-tukar. Salah satu mode waktu yang paling sering tertukar adalah present perfect yang membicarakan masa lalu sekaligus masa kini dan past simple yang menggambarkan masa lalu yang sudha pasti waktunya.

Sebagai contohnya, dalam kalimat “Yesterday we have been running all day” tata bahasa tersebut salah karena menggunakan present perfect. Jika waktu kejadian di masa lampau sudah diketahui atau sudah diucapkan, sebaiknya gunakan past simple sehingga menciptakan kalimat yang benar menjadi “Yesterday we had run all day”.

Itulah dia beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang yang masih mempelajari bahasa Inggris. Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar Kampung Inggris dan pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 0823 2005 5005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , , , , , ,