Contoh Cara Memulai Percakapan dalam Bahasa Inggris

Contoh Cara Memulai Percakapan dalam Bahasa Inggris. Berbicara dalam bahasa Inggris bagi pemula, bisa jadi hal yang mungkin agak sulit, karena tidak terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan memang tidak menggunakannya sebagai bahasa utama. Namun sebagai bahasa internasional, mau tidak mau, kita harus belajar untuk menguasai bahasa Inggris untuk bisa membangun relasi dengan orang lain yang memiliki bahasa ibu berbeda dengan kita. Artinya, sudah saatnya kita mengetahui bagaimana cara memulai percakapan dalam bahasa Inggris.

Beberapa dari kalian pasti masih bingung untuk memulainya, harus mulai dari mana? Tenang saja, dibawah ini kami telah merangkum beberapa kalimat untuk memulai percakapan bahasa Inggris. Tentu saja semuanya bermula dari perkenalan diri kepada orang lain. Yuk, langsung saja kita simak.

1. “My name is…” (Nama saya…)

Pertama adalah perkenalan diri dengan mengucapkan “my name is…”. Frasa ini digunakan untuk berkenalan dengan orang yang benar-benar baru berkenalan dengan kalian.

2. “I’m from…” (Saya dari…)

Selanjutnya setelah memperkenalkan nama, biasanya akan diikuti dengan perkenalan asal usul. Kata-kata yang digunakan biasanya adalah “I’m from…” diikuti dengan asal-usul kota asal kalian. Bukan tidak mungkin dari perkenalan ini bisa berlanjut ke percakapan selanjutnya seputar asal-usul, atau jika ada kesamaan dengan asal-usul orang yang menjadi lawan bicara.

3. “I live in…” (Saya tinggal di…)

Kalimat ini menunjukkan tempat tinggal yang saat ini kalian tempati saat ini. Saat mengucapkan kalimat ini, artinya adalah tempat tinggal saat ini, bukan menyebutkan kampung halaman. Semakin akrab atau dekat dengan lawan bicara, biasanya informasi yang diberikan juga akan jauh lebih detil. Tidak jarang orang menyebutkan tempat umum yang terkenal sebagai patokan tempat tinggal mereka.

4. “ It’s nice to meet you.” (Senang bertemu dengan Anda)

Frasa yang satu ini hanya bisa digunakan jika kamu baru pertama kali bertemu dengan orang tersebut. Artinya, tidak untuk pertemuan kedua, ketiga, dan seterusnya. Jika kalian mengucapkannya di pertemuan kesekian, justru akan menimbulkan suasana canggung seakan kamu lupa dengan orang tersebut.

5. “I’m a…” (Saya adalah seorang…)

Kalimat ini berbicara seputar pekerjaan, status, atau profesi. Biasanya pertanyaan yang mengawalinya adalah “What do you do?” Penting untuk diingat, sangat jarang orang yang berkomunikasi dalam bahasa Inggris akan menggunakan kalimat tanya “What is your job?” karena dianggap kurang sopan. Namun jika sudah dekat, justru pernyataan ini bisa berlanjut ke banyak hal seperti membicarakan angkatan sekolah, kerja, dan lain sebagainya.

6. “I enjoy…” (Saya suka…)

Pertanyaan “What is your hobby?” bukanlah hal yang biasa diucapkan oleh seorang native speaker. Justru, pertanyaan yang lebih lazim digunakan adalah “What do you like to do?” atau “What do you do in your free time?” Pertanyaan alami ini diikuti dengan kalimat “I enjoy…” atau “I like…” diikuti dengan kata kerja hobi yang kalian sukai. Bisa apa saja, dan lagi-lagi bisa menjadi topik obrolan yang mencairkan suasana.

7. “One of my hobbies is…” (Salah satu hobi saya adalah…)

Percakapan akan semakin mengalir ketika berbicara tentang hobi, terutama jika ada kesamaan di antara kalian. Itu sebabnya, kalian perlu memilih hobi yang membuka kemungkinan berdialog lebih jauh. Contohnya berenang, menulis, membaca, dan banyak lagi.

Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 0823 2005 5005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,