Cara Mengucapkan Salam dalam Situasi Informal

Cara Mengucapkan Salam dalam Situasi Informal. Bercengkrama atau berbincang dengan saudara, teman, rekan, dan tetangga menjadi salah satu kegiatan yang pasti dilakukan oleh setiap orang. Saat bertemu seseorang, pasti kalian mengucapkan salam atau memberikan sapaan pada orang yang kita jumpai. Pada kali ini, kita akan membahas tentang cara mengucap salam atau sapaan sederhana dalam bahasa Inggris pada situasi informal. Dalam konteks ini, salam dan sapaan ini berarti ditujukan pada orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik selain sahabat, keluarga, atau orang yang jauh lebih tua. Salam dan sapaan yang umum digunakan dalam situasi informal adalah “hello” dan “how are you?”. Namun, kita bisa menggunakan variasi lain sebagai berikut:

Cara Mengucapkan Salam dalam Situasi Informal

1. “How’s it going?”atau“How are you doing?”

Ini adalah alternatif dari “how are you?” yang bisa kalian ucapkan. Jika ingin terkesan lebih sopan, kalian bisa menggunakan “how are you?” untuk menanyakan kabar seseorang. Jika tidak, “how’s it going?” dan “how are you doing?” bisa kalian terapkan hampir pada setiap orang.

Adapun respon yang bisa kita berikan untuk menjawabnya adalah “I’m fine” atau “I’m doing well”, bergantung pada kondisi kalian saat itu. Sebagian orang juga biasa menjawab dengan “Good!” saja. Jangan lupa untuk menambahkan “and you?” setelah merespon.

2. “What’s up?”, “What’s new?”, atau“What’s going on?”

Ini juga merupakan alternatif dari “how are you?” yang bisa kalian coba untuk menyapa orang yang sudah dikenal dengan lebih santai. Biasanya, pertanyaan ini hanya sekedar basa-basi dan tidak benar-benar ditujukan untuk mengetahui kabar seseorang. Kebanyakan orang akan memberikan respon “nothing” atau “not much” untuk menjawabnya.

Namun untuk memancing pembicaraan yang lebih panjang, kita bisa memberikan respon berupa keadaan atau hal menarik yang sedang terjadi pada kita saat itu; sebelum mengatakan “what about you?” agar percakapan bisa terus berlanjut.

3. “How’s everything ?”, “How are things?”, atau“How’s life?”

Ungkapan ini masih memiliki arti yang sama dengan “how are you?” yang bisa kalian ucapkan pada orang-orang yang sudah kita kenal. Adapun untuk menjawabnya, kalian bisa mengatakan “good” atau “not bad”, atau dengan jawaban lain yang menjelaskan kondisi kita saat itu.

4. “How’s your day?”atau “How’s your day going?”

Pertanyaan ini memiliki arti yang serupa dengan “how are you?”, hanya saja digunakan untuk menanyakan keadaan atau kabar seseorang setelah seharian beraktivitas. Maka, ungkapan ini tidak dilayangkan di pagi hari, melainkan saat menjelang sore hingga petang.

Respon yang bisa diberikan untuk menjawabnya adalah “it’s going well”. Tapi, kebanyakan orang biasa menjawab dengan “good”, “not bad”, “fine”, atau “alright” saja.

5. “Good to see you” atau “Nice to see you”

Salam ini bisa kalian ucapkan pada teman, rekan kerja, atau anggota keluarga yang lama tidak kalian jumpai. Kalian bisa mengucapkan salam ini pada seseorang sambil memeluk atau menjabat tangannya, bergantung pada hubungan kita dengan orang tersebut.

6. “Long time no see”atau“It’s been a while”

Sapaan ini ducapkan pada seseorang yang telah lama tidak kita jumpai, tepatnya jika kita bertemu dengannya secara tidak sengaja atau tanpa direncanakan. Ukuran ‘lama’ dalam situasi ini berkisar antara beberapa minggu (jika kita sebelumnya biasa berjumpa dengannya setiap hari), beberapa bulan (apa bila sebelumnya kita biasa berjumpa dengan dia setiap minggu) atau lebih dari itu.

Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar Kampung Inggris dan pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 082320055005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,