Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris. Seperti yang kalian tahu, di Amerika dan Eropa, keterangan waktu dibagi menjadi dua, yaitu AM dan PM. AM dan PM adalah format waktu yang digunakan untuk membedakan siang dan malam dalam satu hari. Di Indonesia keterangan waktu ini tidak digunakan karena hanya menggunakan keterangan waktu 24 jam. Sebagaimana kita ketahui bahwa hitungan jam secara konvensional yaitu hanya sampai angka 12, sedangkan dalam satu hari ada 24 jam. Untuk membedakannya dibagi menjadi 2 periode yaitu jam 12 siang dan jam 12 malam.

Pengertian AM dan PM

• A.M. singkatan dari ante meridiem artinya before noon yaitu sebelum tengah hari. A.M. dimulai dari jam 12.00 malam sampai dengan jam 11.59 siang atau sebelum tengah hari.
• P.M. singkatan dari post meridiem artinya after noon yaitu setelah tengah hari. P.M. dimulai dari jam 12.00 siang sampai dengan jam 11.59 malam atau setelah tengah hari.

Contoh Beberapa Cara Membaca Jam

Cara Pertama

Pertama, kalian dapat menyebutkan jam dengan cara mengucapkan jamnya terlebih dahulu kemudian menitnya. Perhatikanlah contoh berikut:
06.05 : Six, five
05.30 : five, thirty
09.45 : Nine, Forty five
10.09 : Ten, nine
Misalnya seseorang bertanya “What time is it?” pada kalian, dan saat itu jam menunjukkan pukul 05.10, Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut seperti ini:
“It’s five ten.”  Atau kalian juga bisa meminta seseorang untuk meningatkan Anda jika jam sudah menunjukkan waktu tertentu, misalnya: “Andi, can you remind me to go to the class at nine twenty five? I’m afraid I’ll be late.”

Cara Kedua

Kedua, kalian bisa melakukan kebalikan dari hal pertama. Kalian juga bisa menyebutkan menitnya terlebih dahulu dan kemudian mengucapkan jamnya. Jangan lupa untuk menyebutkan kata “past” didalam kalimatnya untuk menunjukkan bahwa menit tersebut telah melewati jamnya. Seperti misalnya dalam bahasa Indonesia, kita biasa menyebut sembilan lewat 6 menit, dalam bahasa Inggris, Anda bisa menyebutnya dengan two past six, contoh lain bisa dilihat seperti dibawah ini:
05.10 : Ten past five
07.05 : Five past seven
09.25 : Twenty five past nine
Contoh Anda sedang menuju ke rumah teman kalian untuk bertemu teman, namun kalian terjebak macet dan kalianingin memberi tahu teman kalian bahwa kamu mungkin akan datang terlambat. Anda bisa mengatakan hal ini: “Ihsan, I’m so sorry, it’s twenty past five already but I’m still far from your place, I’m so sorry I’m late.”

Cara Ketiga

Ketiga, untuk menit 31 sampai dengan 59 memiliki sebutan yang berbeda lagi, yaitu dengan menggunakan to. Dalam bahasa Indonesia, Anda biasa menyebutkan jam 5.35 sebagai jam 6 kurang 25 menit, dalam bahasa Inggris, Anda bisa menjelaskannya seperti berikut: 05.35 : Twenty five to six (Jam 6 kurang 25 menit)
08.50 : Ten to nine (Jam 9 kurang 10)
10.45 : Fifteen to eleven (Jam 11 kurang 15)
Contoh kalimatnya : “You can get there in 15 minutes, so you must go at fifteen to eleven to get there on time.”

Cara Keempat

Cara keempat, adalah untuk menjelaskan 30 menit atau sudau lewat setengah jam. Sebutan yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah “half past” dan bila jam menunjukkan kurang seperempat atau 15 menit disebut “a quarter to”, dan untuk menyebutkan lewat seperempat, Anda bisa menggunakan “a quarter past”. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini :

02.15 : A quarter past two (Jam 2 lewat 15 menit)
05.30 : half past five (Jam 5 lewat 30 menit)
03.45 : A quarter to four (Jam 4 kurang 15 menit)
06.30 : Half past six (Jam 6 lewat 30 menit)
08.45 : A quarter to nine (Jam 9 kurang 15 menit)

Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar Kampung Inggris dan pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 0823 2005 5005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , ,