Cara Belajar Membaca Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Cara Belajar Membaca Kalimat Dalam Bahasa Inggris. Seperti yang bisa kalian lihat pada saat ini, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional. Sehingga sepertinya sudah menjadi kewajiban kita untuk menguasai bahasa yang satu ini. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki juga mengakibatkan kita harus membaca banyak buku teks dalam Bahasa Inggris. Jika kalian saat ini sedang berkuliah, pasti kalian banyak menemui materi dengan teks book yang berbahasa Inggris. Maka dari itu kalian harus menyiapkan dan belajar bahasa Inggris sedini mungkin.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus disiapkan dan dilakukan dalam cara belajar teks Bahasa Inggris.

1. Pelajari pengucapan alphabet dalam bahasa Inggris.

Pengucapan alphabet untuk bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia itu memang berbeda. Sebagai contoh, untuk alphabet A pada bahasa Indonesia justru dibaca Ei dalam bahasa Inggris. Begitupun untuk alphabet B pada Bahasa Inggris justru dibaca Bi dalam bahasa Inggris. Sangat jelas berbeda sekali antara bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris, maka, untuk mengubah kebiasaan dan semakin terbiasa, pemahaman tentang alphabet bahasa Inggris ini memang harus benar-benar bisa dipahami sebaik mungkin.

2. Persiapkan kosakata

Pada dasarnya, pengetahuan tentang kosakata merupakan hal penting untuk menunjang kita dalam melancarkan bacaan dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Semakin banyak kita menguasai kosa kata bahasa Inggris, tentu semakin cepat dan mahir pula kita mengucapkan atau membaca buku-buku dalam bahasa Inggris.

Memang, dalam pelaksanaannya, menghafal satu atau dua kosa kata itu memang susah terlaksana. Namun sekali lagi, terkadang niat itu mengalahkan apapun. Maka, sebelum melakukannya, berniatlah terlebih dahulu agar semua hal terasa lebih mudah dan tidak membebankan. Dalam beberapa metode pembelajaran bahasa Inggris, perbendaharaan kosakata ini memang menjadi hal penting yang wajib untuk dimiliki.

3. Pronunciation

Agar cara membaca dalam bahasa inggris kamu lebih baik maka kamu harus membahami pronunciaction, dimana pronunciation merupakan sebuah teknik penting yang seolah menjadi jantungnya speaking bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan jika seseorang salah mengucapkan sesuatu dalam bahasa Inggris, maka itu akan berdampak pada kesalahan arti dari apa yang diucapkan. Kan kadang tidak lucu kalau kita ingin mengucapkan bat (arti kata : kelelawatr) dan, ketika diucapkan malah berarti bath (arti kata : mandi).

Pronunciation ini sangat sering digunakan dalam pembelajaran speaking, yang mana merupakan hal penting untuk dikuasai dan dipahami sehingga kelak apa yang diucapkan sesuai dengan apa yang ingin diartikan.

4. Baca Saja Dulu

Dalam pembelajarannya, terkadang kita terlalu fokus pada faedah-faedah bahasa Inggris yang terlalu baku sehingga secara tidak langsung itu terlalu menuntut dan memberatkan kita untuk membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika salah membaca karena itu adalah salah satu dari proses. Namun yang salah apabila kita menyerah pada keadaan dan enggan berusaha untuk belajar.

5. Skimming

Dalam cara membaca bacaan bahasa Inggris yang baik dan benar, kita pasti mengenal istilah Skimming. Ya, skimming adalah salah satu metode membaca dengan cara cepat untuk mendapatkan intisari atas apa yang ada dalam suatu kalimat. Metode membaca dalam bahasa Inggris yang baik dan benar ini mungkin bukanlah hal yang mudah untuk seorang pemula. Namun, metode ini tentu merupakan metode yang sangat efektif ketika kita hendak membaca bacaan hanya untuk mencari sebuah main idea atau inti pokok dari bacaan tersebut.

6. Listening

Cara membaca dalam bahasa Inggris yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan melakukan proses listening (mendengar) terlebih dahulu. Pada dasarnya, dengan mendengar terlebih dahulu, kita bisa mendapatkan pencerahan tentang bagaimana kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris diucapkan sehingga nantinya ketika kita hendak membaca bacaan bahasa Inggris, kita sudah paham tentang mana pengucapan yang benar dan mana pengucapan yang salah. Sebenarnya memang listening dan reading itu saling berkaitan, oleh karena itu dua elemen dalam bahasa Inggris tersebut memang menjadi hal penting yang harus dikuasai.

7. Baca Secara Perlahan

Dalam membaca bahasa Inggris, semua tidak dilakukan secara instan dan cepat. Disini, kita fokus pada kebenaran dalam hal pengucapan, maka, bacalah sebuah bacaan itu secara perlahan tanpa ada rasa terburu-buru.

Dengan membaca secara perlahan, kita akan bisa memaknai apa yang kita baca sesuai dengan arti dari apa yang kita maksudkan. Orang-orang yang membaca dengan terburu-buru pasti terkesan berbelit-belit dalam pengucapannya sehingga tak jarang, arti kata yang dimaksudkan tidak sesuai dengan apa yang diucapkan.

Oleh karena itu, dalam tahap pembelajaran, semua sah-sah saja ketika kita membaca artikel bahasa Inggris dengan cara perlahan.

8. Fokus

Cara membaca dalam bahasa Inggris yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan kita fokus pada bacaan yang kita baca. Hal ini tentu penting dalam pemahaman kita akan apa yang sedang dibaca. Ketika fokus, maka pemikiran kita penuh kepada kalimat yang tertulis pada sebuah bacaan dan nantinya akan kita ucapkan secara lisan sehingga ketika kalimat itu terucap, arti kata dan ucapannya terdengar benar dan sinkron.

9. Jadikan kebiasaan.

Semua bisa karena terbiasa, termasuk juga cara membaca dalam bahasa inggris. Untuk membaca alam bahasa Inggris yang baik dan benar, sebernarnya semua juga tergantung pada seberapa terbiasanya kita dalam membaca artikel bahasa Inggris. Ketika kita sering membaca artikel bahasa Inggris secara keras dan dilakukan berulang-ulang, kita pun akan mengerti bagaimana kalimat-kalimat itu diucapkan dan diartikan. Sehingga nantinya, kita hanya tinggal mengasahnya saja. Jika semua sudah terbiasa kita lakukan, maka membaca dalam bahasa Inggris ini bukanlah menjadi hal sulit dan akan mengalir begitu saja ketika kita melafalkannya. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membaca.

Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar Kampung Inggris dan pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 0823 2005 5005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , ,