Cara Belajar Bahasa Inggris Reading dengan Mudah

Cara Belajar Bahasa Inggris Reading dengan Mudah. Membaca adalah aktivitas yang menyenangkan karena dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Ya,  tapi itu kalau kita membaca buku dalam bahasa yang dimengerti. Bagaimana jika buku yang kalian baca adalah buku berbahasa Inggris? Pasti saat kalian membaca buku tersebut hampir 90% kata-katanya asing di matamu, ah jadinya kalian bingung karena tidak tahu arti dan maksudnya. Banyak orang yang suka bertanya, bagimana sih caranya agar bisa membaca teks bahasa Inggris dengan lancar? Ada beberapa cara agar kemampuan reading kalian meningkat.

5 Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Reading Bahasa Inggris

  1. Pikirkan jika Belajar Reading Itu Mudah. Motivasi ini sangat menentukan bagaimana mengakhiri apa yang sudah dimulai. Positive Thinking sangat membantumu mempercepat langkah karena kalian merasa termotivasi. Rasa lelah itu tidak bakal terasa kalau punya pikiran yang positif.
  2. Pilih Bacaan yang Ringan. Jangan asal memilih materi belajar reading bahasa Inggris di internet. Cara memilih buku yang tepat itu, kalian harus baca dulu sekilas. Baca judul, subpoint atau halaman pertama dengan cepat. Jika paham maksudnya, berarti buku/bacaan itu pas buat kamu. Jika tidak, ganti bacaan yang lebih mudah.
  3. Pilih Tempat dan Waktu yang Nyaman. Pilihlah tempat di mana kalian benar-benar fokus dan tidak terganggu oleh apapun. Setelah memilih buku yang tepat, yang tak boleh dilewatkan adalah memilih tempat dan waktu khusus. Buatlah jadwal reading teks bahasa Inggris dan tentukan di mana kamu akan melakukannya. Jadwal 30 menit sampai 1 jam itu udah cukup. Yang penting lakukan secara konsisten. Daripada menjadwalkan 2 jam membaca tapi bolong-bolong, mending 30 menit dan dilakukan sesuai jadwal.
  4. Coba Teknik Skimming Sebelum dan Sesudah Membaca. Kamu akan paham tentang apa bacaan itu dengan cepat. Pernah mendengar tentang 2 teknik reading ini: skimming dan scanning? Kedua teknik ini memiliki kesamaan yaitu membaca dengan cepat. Hanya saja tujuan mereka berbeda. Skimming dilakukan untuk memahami makna secara keseluruhan sedangkan Scanning untuk mencari informasi spesifik misalnya nama, tanggal, tempat, dll. Apabila yang akan dibaca adalah sebuah teks dalam bahasa Inggris yang jumlahnya beberapa halaman, kamu bisa melakukan skimming dengan membaca judul, subpoin dan paragraf pertama untuk mendapatkan ide utama dari teks tersebut. Namun, jika yang dibaca adalah sebuah buku bahasa Inggris, coba teknik skimming pada ringkasan (biasanya ada di sampul belakang).
  5. Bertanya Kepada Diri Sendiri. Kalian bisa melakukannya sambil membaca atau setelah membaca. Lihat seberapa paham kalian. Usahakan kalian mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri. Pertanyaan apa? Jika bingung, gunakan 5W1H: What, Why, Who, Where, When, dan How. Pertanyaan ini sangat berguna untuk membantumu semakin paham tentang isi teks/bacaan. Kalian juga bisa membuat Mindmap dengan panduan pertanyaan 5W1H. Jadi, nggak perlu nulis pertanyaan yang lengkap. Cukup tulis kata tanya beserta informasi yang bisa dikumpulkan untuk menjawab kata tanya tersebut. Cara ini bisa dilakukan setelah selesai membaca teks atau buku bahasa Inggris.

Nah, itu adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan reading kalian. Sebenarnya belajar Bahasa Inggris itu mudah kok, asal ada niat dan kemauan pasti kalian akan cepat menguasainya.Untuk info lebih lanjut perihal Kampung Inggris, Biaya kursus, Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , ,