Cara Belajar Bahasa Inggris Diantara Kesibukan

Cara Belajar Bahasa Inggris Diantara Kesibukan. Di era global  sekarang ini, akan semakin banyak perkembangan yang terjadi di negeri ini. Mulai dari perdagangan bebas, semakin banyaknya berdiri perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasonal seperti bahasa inggris sudah sangat tersebar luas, tentunya untuk para mahasiswa dan pencari kerja sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa inggris agar bisa mengikuti perkembangan jaman di era globalisasi ini. Banyak diantara kalian yang ingin belajar bahasa Inggris tetapi tidak punya waktu untuk belajar bahasa Inggris. Jika kalian sungguh sibuk dan hampir tidak ada waktu tersisa, kalian tidak perlu pergi jauh- jauh untuk belajar bahasa Inggris. Meski sebenarnya dengan kita mengikuti sebuah kursus kita dapat belajar bahasa Inggris lebih terarah, tetapi tidak ada salahnya jika kita belajar secara otodidak. Di bawah ini ada sedikit tips untuk belajar bahasa Inggris bagi kalian yang tidak memiliki waktu untuk mengikuti kursus.

Beberapa Tips Belajar Bahasa Inggris Diantara Kesibukan

  1. Belajar Sedikit demi Sedikit. Sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris sedikit demi sedikit setiap harinya daripada belajar beberapa jam, tetapi hanya sekali dalam seminggu. Ini berarti belajar tidak memerlukan waktu yang banyak, mungkin hanya dengan 20 menit sehari, kalian akan memetik hasilnya dalam waktu singkat. Kalian dapat memulai belajar dari yang paling dasar seperti menghafal kosakata yang sering digunakan. Ada beberapa kosakata yang sering digunakan dalam kegiatan sehari- hari, seperti kalimat tanya, kata ganti benda, kata kerja, kata kerja bantu, dan kata sifat. Contohnya dapat kalian lihat disini “Kosakata Bahasa Inggris yang Sangat Penting“.
  2. Berlatih Cara Mengucapkan Sebuah Kata yang Tepat. Pengucapan, atau biasa disebut dengan pronunciation sangatlah penting untuk dipelajari bila anda ingin mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik. Pronunciation adalah bagaimana kita mengucapkan atau menghasilkan suara dari kata-kata. Ketika sedang belajar bahasa Inggris, salah satu subyek yang sedikit sulit. Untuk mempelajari cara pengucapan adalah banyak berlatih agar terbiasa dengan hal tersebut. Kalian juga dapat berlatih dengan cara membaca kalimat bahasa Inggris yang hampir mirip cara bacanya. Untuk lebih lengkapnya, contohnya dapat kalian lihat disini “Tongue Twister Cara Melatih Lidah Agar Lancar Bahasa Inggris“.
  3. Mencari Teman Berlatih. Walaupun yang terbaik mungkin belajar dengan guru penutur asli bahasa Inggris, namun kalian dapat berlatih dengan teman kalian pada saat ada waktu luang. Buatlah kesepakatan untuk selalu berbahasa Inggris dengan teman kalian. Belajar dengan teman tidak perlu mencari materi yang rumit, cukup dengan berlatih percakapan sehari- hari seperti menanyakan sudah makan? apa yang sedang kamu lakukan? jika dilakukan dengan rutin, hal simpel seperti itu sudah dapat membiasakan kalian untuk berbicara bahasa Inggris. Jika kalian masih bingung, kalian dapat melihat contohnya disini “Percakapan Sehari-Hari dalam Bahasa Inggris“.
  4. Lakukan Tugas Harian dengan Bahasa Inggris. Catat daftar belanjaan, baca surat kabar, atau set navigasi internet kalian dalam bahasa Inggris. Cara membangun kumpulan kosa-kata yang terbaik adalah dengan melatih penggunaannya sehari-hari. Atau Kalian dapat membuat catatan kecil untuk membantu mengingat kosakata yang sudah kalian pelajari. Catat kata-kata dalam bahasa Inggris pada catatan-catatan kecil dan letakkan disekitar kamar kalian. Kalian mungkin ingin memberi label dalam bahasa Inggris, atau buatlah catatan tersebut untuk membantu mengingat.
  5. Gunakan Waktu Luang Untuk Berlatih. Cari yang termudah, seperti mendengarkan radio di mobil kalian, membaca buku dalam bahasa Inggris pada saat istirahat. Fokus pada bidang minat kalian. Baca mengenai hobi kalian dalam bahasa Inggris, atau jika kalian gemar berakting, bergabunglah dengan grup drama yang berbahasa Inggris atau kalian bisa bergabung di komunitas bahasa Inggris yang ada di daerah kalian karena sekarang di kota-kota besar sudah banyak komunitas belajar yang menggunakan bahasa Inggris. Kalian akan lebih bersemangat mempelajari sesuatu yang kalian gemari. Dan pastikan kalian mengingat- hal yang sudah di pelajari sebelum tidur. Sediakan waktu sebentar untuk mengulas informasi penting sebelum kalian tidur. Di sini ada beberapa contoh “Kosakata Bahasa Inggris Umum yang Paling Sering Digunakan“.
  6. Berlatih Langsung Dengan Turis. Berbahagialah bagi kalian yang memiliki tempat tinggal di Bali, Jogyakarta, atau tempat wisata yang banyak dikunjungi turis, jadi kalian dapat dengan mudah menemukan turis yang akan kalian jadikan teman berlatih. Dengan kalian berbicara langsung dengan native speaker atau yang biasa kita sebut turis, secara tidak langsung kalian dapat melatih kemampuan listening kalian, karena berbincang dengan turis dan teman kalian, pasti memiliki logat yang berbeda. Kalian dapat menanyakan pertanyaan dasar kepada turis tersebut. Jika kalian masih bingung, kalian dapat melihat contohnya disini “Percakapan Dasar Saat Kalian Bertemu Turis di Tempat Wisata“.
  7. Jangan Mudah Menyerah. Kadang kelihatannya menilai diri kalian sendiri tidak mengalami kemajuan ketika belajar sendiri, padahal sebenarnya kalian mengalaminya. Jangan menyerah, kalian akan segera melihat hasilnya. Tak ada yang tak mungkin jika kita terus belajar dan berlatih setiap hari. Dalam mempelajari bahasa asing ataupun bahasa Inggris, harus ditanamakan niat yang kuat terlebih dahulu.

Sekian tips cara belajar bahasa Inggris bagi kalian yang tidak mempunyai waktu luang untuk kursus. Ayo, semangat terus belajar bahasa Inggris dan tak perlu khawatir lagi karena sebenarnya belajar bahasa Inggris itu mudah. Jadi jika kalian ingin benar-benar belajar bahasa Inggris, memanfaatkan waktu luang kalian sebaik mungkin, dengan belajar di sela kesibukan kalian. Jika kalian berminat untuk belajar lebih jauh tentang bahasa Inggris, kalian dapat langsung datang atau menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , ,