Apa itu Simple Past Tense?

Apa itu Simple Past Tense? Ada yang belum paham tentang simple past tense? Yuk mari kita bahas. Definisi dari simple past adalah kalimat kata kerja yang digunakan untuk membicarakan tentang hal atau kejadian yang terjadi sebelum ini.

Rumus: Subject + Verb (Past) + Noun

Bentuk kata kerja atau verb dalam kalimat lampau juga bisa bervariasi mulai dari yang ditambahkan –d atau –ed hingga yang bentuknya benar-benar berubah menjadi kata lain. Dengan menggunakan kalimat simple past, artinya hal tersebut sudah terjadi dan telah usai. Hal ini juga membedakan dengan past continuous tense yang merupakan hal terjadi di masa lalu dengan kemungkinan terjadi hingga kini. Fungsi dari simple past tense sangat beragam. Selain menjelaskan hal atau kejadian di masa lampau, juga bisa menunjukkan perasaan seseorang terhadap suatu kejadian saat sudah berlalu. Biasanya ciri-cirinya adalah menggunakan to be dan dipasangkan dengan kata sifat, kata benda, atau frasa preposisi.

Contoh Kalimat Simple Past Tense

  • Andi entered the football competition in 2017. (Andi berpartisipasi dalam kompetisi sepak bola pada 2017)
  • He won the championship. (Dia memenangkan kejuaraan)

Kedua contoh kalimat di atas menunjukkan bahwa saat Andi mengikuti kompetisi sepak bola dan menang telah berlalu, untuk itu digunakan dalam kalimat simple past. Contoh berikutnya:

  • Andi did not expect he would be able to won the championship. (Andi tidak menyangka dia akan bisa memenangkan pertandingan)

Seperti yang disebutkan di atas, simple past tense juga bisa menunjukkan bagaimana perasaan seorang subjek yang dirasakannya di masa lampau. Contohnya adalah:

  • Andi was proud of his football victory. (Andi merasa bangga dengan kemenangan sepak bolanya)
  • The competition was the trending topic in the whole world. (Kompetisi ini menjadi topik utama di seluruh dunia)

Nah, itu adalah sedikit penjelasan tentang simple past tense. Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar Kampung Inggris, pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 082320055005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , , ,