Tips dan Trik Memulai Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris

Tips dan Trik Memulai Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris. Bagi sebagian orang, menulis artikel bahasa Inggris mungkin sebuah pekerjaan yang tak mudah untuk dikerjakan. Akan tetapi, sebenarnya apapun bahasanya bisa kita kuasai, asalkan cara belajar nya tepat. Belajar menulis artikel bahasa inggris berbeda dengan belajar speaking. Menulis itu butuh keahlian dalam menyusun grammar dan tata cara penulisan. Sementara keahlian berbicara tidaklah begitu detail. Kalau hanya menulis satu dua kata saja adalah hal yang sangat sangat sangat mudah, lalu bagaimana jika kamu harus menulis bahasa inggris dalam satu hingga puluhan paragraf? Tentu saja itu membutuhkan keahlian dalam vocabulary, grammar, penempatan tanda baca dan lain sebagainya. Apalagi jika tulisanmu akan dibaca banyak orang, pasti kamu akan berpikir keras bagaimana caranya membuat sebuah tulisan yang enak dibaca.

Kalian tahu tidak? Jika blog berbahasa Inggris banyak diminati para blogger. Kenapa? Menurut para ahli blogging, blog tersebut memiliki peluang yang besar untuk di-approve oleh Adsense. Alasan lainnya, dengan artikel bahasa Inggris blog kita memiliki penargetan pembaca yang lebih luas. Dollar yang masuk dari iklan pada blog bule, konon memiliki nilai yang lebih besar di bandingkan blog bahasa lokal. Itu beberapa alasan yang melatarbelakangi para blogger mania untuk berduyun-duyun pindah haluan membuat blog berbahasa Inggris. Benar tidaknya alasan tersebut hanya mereka yang tahu.

Beberapa Tips dan Trik Memulai Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris

  1. Mulailah Menulis. Hal pertama dalam proses belajar adalah menumbuhkan niat dan kemauan. Meskipun awalnya salah, namun lama kelamaan pasti akan terbiasa. Bagaimana kita bisa mahir menulis kalau tidak mulai menulis. Kita dapat memulai membuat artikel dengan topik yang simpel dan mudah. Seperti membuat judul untuk artikel akademik, atau format umumnya adalah simple dan jelas, atau artikel lain yang tidak kaku seperti tentang musik atau hiburan, judul harus bisa menarik perhatian.
  2. Memperbanyak kosakata. Kosakata atau vocabulary adalah bahan baku yang kita gunakan untuk menulis artikel bahasa inggris. Semakin banyak kita memahami kosakata maka akan semakin banyak pula hal-hal yang bisa kita tulis. Jumlah kosakata yang kita pahami akan bertambah dengan sendirinya jika kita setiap hari tekun belajar menulis artikel bahasa inggris. Karena jika kita sedang tidak tahu sebuah kosakata, maka kita akan mencari tahu melalui kamus atau google translate.
  3. Belajar Grammar. Grammar akan terasa sulit pada awalnya dan jika tidak digunakan, namun jika kamu terus menulis dengan menggunakan grammar, maka kalian akan terbiasa dan akan terasa mudah. Belajar grammar ini ketika kita masih duduk di sekolah dimasukkan ke dalam pelajaran Structure alias tata bahasa inggris. Grammar ini sangat penting agar orang luar negeri yang nantinya membaca tulisan anda tidak bingung dalam memhami maksud dari tulisan anda. Belajar grammar ini adalah hal nomor satu yang tidak boleh dikesampingkan.
  4. Ikut Komunitas Menulis. Teruslah belajar dan berlatih menulis artikel bahasa inggris sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin. Seiring jam terbang anda dalam menulis artikel bahasa inggris, maka pemahaman anda dalam bahasa inggris akan sempurna dengan sendirinya tanpa anda sadari. Tentang cara-cara belajar bahasa inggris selanjutnya silakan anda tanyakan sendiri kepada pakarnya yang bisa anda jumpai di forum-forum di internet yang membahas tentang belajar bahasa inggris. Di internet banyak para master yang mau membagikan ilmunya kepada anda secara sukarela tanpa imbalan sepeserpun.
  5. Belajar Menulis Setiap Hari. Komitmen adalah hal tersulit dalam melakukan sesuatu. Namun, jika kamu komitmen menulis dalam bahasa inggris, pasti kalian akan terbiasa dan bisa dengan cepat akan mahir menulis menggunakan bahasa  inggris. Kamu bisa menulis apapun dalam satu hari. Entah blog, status, diary, dan lain sebagainya.
  6. Membuat blog. Kalian pasti sudah tau apa itu blog. Blog adalah sarana menulis yang sangat baik. Melalui blog, tulisan kamu disimpan secara otomatis tanpa menuhin memori laptop. Bahkan, kita bisa menulis di blog lewat smartphone. Sangat simpel kan? Blog juga memungkinkan tulisan kamu dibaca oleh banyak orang sehingga mereka bisa mengoreksi atau menikmati tulisan kamu.

Di dunia ini, tidak ada sesuatu yang sukses dalam satu kali kerja. Jadi, biarkan diri sendiri awal-awal menulis terdapat banyak kesalahan, cerita yang tidak nyambung, banyak grammar yang salah dan sebagainya, karena dengan latihan akan membuat tulisan kita semakin sempurna. Jadi, tunggu apa lagi??? Ayo, semangat terus belajar bahasa Inggris dan tak perlu khawatir lagi untuk bisa berkomunikasi dengan dunia. Jika kalian berminat untuk belajar lebih jauh tentang bahasa Inggris, kalian dapat langsung datang atau menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,