Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula. Bagi kalian yang baru pertama kali belajar Bahasa Inggris mungkin akan bertanya-tanya, “mau mulai dari mana ya?” Pertanyaan tersebut sangat sering kita lontarkan saat kita merasa ingin memulai sesuatu yang baru dan yang asing bagi kita. Dalam mempelajari bahasa asing, bahasa apapun itu termasuk bahasa Inggris adalah sangat penting bagi kita untuk mempelajari serta menyelam ke dasar tata bahasa itu sendiri atau dalam bahasa Inggris yang kita sebut dengan grammar.

Dalam Bahasa Inggris grammar yang paling penting dan dasar adalah Tenses. Oleh sebab itu, langkah awal bagi sahabat yang ingin mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menguasai hal tersebut. Tenses Bahasa Inggris sendiri terbagi pada 16 susunan yang memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Namun tidaklah sulit bagi kita yang telah mengetahui cara pengusaan grammar yang tepat. Berikut ini adalah cara mudah belajar Bahasa Inggris otodidak.

1. Awali dengan Hal yang Mendasar

Dalam mempelajari suatu ilmu baru, ilmu apapun itu sangat penting bagi kita untuk memulainya dari yang paling dasar. Hal yang mendasar dalam tata bahasa Inggris adalah penguasaan tenses seperti yang kita paparkan di atas, selain itu ada juga verb, adverb, adjective, noun & pronoun, clause, dan hal-hal yang mendasar lainnya. Dengan memahami hal yang mendasar seperti itu maka akan terbangunlah pondasi yang kuat sehingga dalam memahami pembahasan selanjutnya akan lebih mudah. Belajar bahasa Inggris dari dasar bisa dimulai dari menghafal vocabulary atau kosakata. Vocabulary sangatlah penting karena tanpa vocabulary kita tidak akan bisa berbicara bahasa Inggris.

2. Mengubah Kebiasaan

Mulailah langkah awal kalian dalam belajar bahasa Inggris dengan cara mengubah kebiasaan atau hobi kalian, seperti mulai mendengarkan musik yang berbahasa Inggris yang berbahasa Inggris, atau banyak membaca artikel dalam bahasa Inggris. Dengan begitu lama kelamaan kalian akan terbiasa dengan bahasa Inggris, serta dapat dengan membiasakan mencerna hal-hal yang berbau bahasa Inggris. Setelah melakukan latihan dengan musik maka selanjutnya kita dapat melanjutkan pada yang sedikit lebih sulit seperti menonton film dengan subtitle English, mendengar pidato yang menggunakan bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

3. Latihan secara Rutin

Dengan melakukan latihan secara langsung seperti mulai berbicara dengan teman menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi memang banyak orang yang kesulitan untuk menemukan lawan bicara, namun itu bukanlah hambatan teman-teman sekalian, kita dapat melakukannya sendiri kok, seperti saat melakukan kegiatan sehari-harinya mulai dari bangun pagi, makan, minum, hingga tidur harus kita pergunakan bahasa Inggris.

4. Perbanyak Menghafal Vocabulary

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sahabat sekalian sangat dianjurkan untuk menghafal vocabulary. Namun jangan sampai membebani pikiran sahabat sekalian, lakukanlah dengan santai seperti menghafal vocab yang ada di dalam lagu yang sahabat sukai, atau vocab dasar yang berada di sekitar kita. Pastikan sahabat sekalian menghafalnya dalam keadaan rileks, selain agar cepat hafal, namun juga sangat baik untuk menjaga hafalan agar tidak mudah lupa.

5. Belajar Bersama

Bagi beberapa orang mungkin akan sulit untuk mempelajari bahasa Inggris sendirian. Oleh karena itu, sahabat sekalian dapat melakukan belajar kelompok bersama teman atau belajar di tempat kursus tertentu. Hal itu bertujuan agar saat sahabat belajar tidak mengalami kendala karna tidak memahami sesuatu yang kemudiannya dikhawatirkan dapat menyebabkan kejenuhan serta kebosanan dalam belajar. Belajar bersama juga sangat penting untuk melatih speaking kita, karena kita tidak mungkin berbicara dengan diri sendiri atau belajar secara teori saja.

6. Berani dan Percaya Diri

Karakter seseorang juga mempengaruhi cepat atau tidak nya dia dalam memahami bahasa Inggris. Orang yang selalu merasa minder, malu-malu, dan segan umumnya akan lambat dalam mempelajari bahasa Inggris. Sebab yang dituntut dalam berbahasa adalah komunikasi, semakin banyak dan baik dalam berkomunikasi, maka akan semakin baik pula bahasa Inggrisnya. Jangan pernah malu untuk berbicara bahasa Inggris, dan jangan pernah malu untuk memulai.

7. Perbanyak Membaca Buku Percakapan Bahasa Inggris

Bagi kalian yang masih pemula, usahakan membaca buku-buku atau artikel yang berisi percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Dengan begitu, kalian akan mampu memahami serta mempelajari kata-kata apa saja yang sesuai dalam kegiatan sehari-harinya. Usahakan untuk tidak membaca buku yang membahas politik maupun ekonomi, yang malah akan membuat sahabat sekalian merasa bingung dan jenuh. Belajarlah memulai dari membaca yang sederhana seperti membaca buku dongeng anak-anak atau cerita singkat.

8. Melakukan Latihan Listening

Banyak orang yang mampu berbahasa Inggris secara teori namun tidak memiliki kemampuan listening yang bagus. Hal tersebut terjadi sebab mereka belajar bahasa hanya pada teori namun tidak pada praktek. Jika ingin menguasai bahasa Inggris secara cepat dan sempurna, perlulah bagi kita untuk memulainya dengan cara membiasakan diri mendengar pronounce yang tepat dalam bahasa Inggris. Namun alangkah baiknya jika kita para pemula untuk melakukan listening pada yang dasar terlebih dahulu, seperti mendengar opera sabun atau listening materi bahasa Inggris.

9.  Menyusun Target Belajar Kalian

Untuk mengukur kemampuan serta sejauh mana sudah pembelajaran yang telah dilakukan, maka sahabat sekalian dapat membuat schedule atau target pembelajaran per minggu-nya. Namun jangan terlalu memaksakan diri jika sahabat sekalian tidak sanggup untuk melaksanakannya. Misalnya, di minggu pertama sahabat sekalian membuat target untuk menguasai 100 kosa kata umum, kemudian di minggu kedua bertambah menjadi 200 kosa kata, selanjutnya di minggu ketiga sahabat mampu membuat 100 frasa atau kalimat, dan di minggu keempat kalian telah mampu menterjemahkan percakapan yang ada dalam buku, serta mampu melakukan percakapan dasar sehari-hari.

10. Jangan Mudah Mengeluh

Cara mudah belajar Bahasa Inggris bagi pemula adalah dengan banyak membaca dan tidak mengeluh. Banyak hal yang menyebabkan orang merasa bahwa bahasa Inggris itu sulit. Diantaranya adalah masalah grammar yang biasanya dianggap sulit. Karena banyaknya tenses yang harus dipahami dan di hafal terkadang membuat kalian jadi patah semangat. Hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi pemula.

Nah, itulah beberapa tips belajar bahasa inggris untuk pemula. Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 082320055005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , ,