Penyebab Susahnya Belajar Bahasa Inggris

Penyebab Susahnya Belajar Bahasa Inggris. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia cenderung malas untuk belajar bahasa asing secara baik dan benar, khususnya bahasa Inggris. Disamping biaya menjadi alasan mereka, waktu juga menjadi salah satu penghambat ketertarikan untuk belajar. Beberapa hal yang menjadi kebiasaan buruk orang Indonesia dalam belajar bahasa Inggris adalah kurangnya rasa ingin tahu. Kesadaran rasa ingin tahu tentang hal-hal yang dirasa sulit dalam pembelajaran bahasa Inggris masih sulit untuk diterapkan.

Dalam belajar bahasa, sikap seseorang bisa menjadi faktor penentu keberhasilan orang tersebut. Di sisi lain, pemikiran yang terlalu kaku juga menjadi salah satu penyebab orang gagal belajar bahasa Inggris dengan baik. Belajar bahasa Inggris akan selalu menemukan kata baru setiap harinya. Namun bagi Anda dengan tipe orang yang selalu buru-buru melihat kamus ketika menemukan vocabulary yang baru, pasti akan merasa stres dan bingung dan justru berpikir lebih keras untuk menemukan maknanya. Tipe ini akan lebih mudah frustasi dan menyerah untuk belajar. Cara ini memang sulit diubah jika telah menjadi kebiasaan. Jika Anda tergolong orang yang suka mendengarkan musik atau menonton film, latihan kecil ini bisa membantu, seperti cari teks lagu atau subtitle film dalam bahasa Inggris, kemudian temukan makna intinya, meski ada beberapa kata yang tidak Anda ketahui.

Bagaimana Anda akan sukses belajar jika tidak banyak mendengar kosakata bahasa Inggris? Ya, mendengarkan orang berbicara, ataupun membaca sebanyak mungkin melalui lagu, film, YouTube, siaran berita, acara stasiun TV berbahasa Inggris, apapun! Mendengar dan membaca adalah kemampuan berkomunikasi yang hampir setiap hari digunakan dalam kehidupan kita. Mendengar dapat menambah kosakata, memperbaiki struktur dan membantu memperhatikan pola pembentukan bahasa.

Cara Belajar yang Salah

Umumnya, orang-orang menggunakan berbagai cara untuk belajar.  Namun selama ini kita belajar Bahasa Inggris dimulai dari cara yang salah, karena kita mulai belajar / diajarkan bahasa inggris mulai dari Reading (membaca) >> Writting (menulis) >> Speaking (berbicara) >> Listening (mendengarkan). Maka kita hanya bisa membaca sebuah teks berbahasa inggris walaupun kita mengerti apa yang kita baca, tapi ketika dalam percakapan langsung, seperti Listening dan Speaking kita akan kesulitan. Bebeda ketika kalian belajar bahasa Indonesia, kita sudah bisa berbicara tapi belum bisa menulis dan membaca. Maka tidak salah jika kita belajar bahasa Indonesia di sekolah dimulai dengan Membaca >> Menulis >> Berbicara >> Mendengarkan. Maka dari itu, tahapan yang benar belajar bahasa inggris dari nol yaitu Listening>> Speaking>> Reading>> Writing. Sebagai contohnya, sewaktu kita masih kecil, apakah kita belajar membaca dan menulis terlebih dahulu oleh orang tua kita??? pastinya yang diajarkan untuk mendengar sebuah ucapan, lalu disuruh untuk mengulanginya sampai bisa.

Terakhir, setelah Anda berhasil mengatasi kendala-kendala tersebut, saatnya Anda untuk tidak takut untuk berhadapan dengan publik. Takut mempraktekkan hanya akan mempersulit Anda untuk maju. Tidak peduli sebaik apapun orang tersebut melafalkan kosakata, mempelajari tata bahasa, dan mendengar native berbicara, tetapi jika Anda tidak pernah berimprovisasi dan takut mencoba untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa Inggris, maka kemampuan berbahasa Anda sulit untuk berkembang. Untuk mengetes kemampuan, tentu Anda perlu berbicara. Rasa malu jika melakukan kesalahan pengucapan atau kekeliruan tata bahasa membuat seseorang takut untuk mencoba berbicara dalam bahasa Inggris. Namun faktanya, semakin sering mencoba, setiap kesalahan akibat ketidak-tahuan tersebut pasti akan melekat dalam ingatan dan nantinya akan menjadi introspeksi untuk belajar lebih baik lagi, kemudian lama kelamaan akan lancar dengan seiring waktu.

Permasalahan dan Solusi Bagi Sebagian Orang

Tetapi ada satu hal yang bisa menghambat kita dalam belajar yaitu, daya pikir. Setiap orang memiliki tingkat daya pikir yang berbeda- beda. Tergantung individu masing-masing, kemampuan daya pikir sebagian orang ada yang pelupa, susah menangkap pelajaran, mudah bingung, susah konsentrasi, susah menghafal dan seterusnya. Jika begitu kalau ada yang pernah kursus bahasa Inggris di banyak tempat dan hasilnya belum memuaskan sudah pasti masalah bukan di rumus bahasa Inggris, tetapi masalah terletak pada manusianya, karena dimana-mana rumus bahasa Inggris itu sama.

Beberapa cara bisa menjadi solusi untuk meningkatkan daya pikir dan menjaga konsentrasi ketika belajar sehingga memberi hasil maksimal. Meditasi merupakan salah satu solusi untuk menenangkan pikiran dan perasaan sehingga anda bisa mengawali serta menjalani hari dengan baik. Pada meditasi, menutup mata hanya tahap pertama belajar konsentrasi, karena dengan menutup mata kita bisa berfokus pada satu hal. Untuk mengetahui metode Raja Inggris dapat kalian baca disini

Untuk bisa berbahasa Inggris, sebenarnya mudah, kalian harus melakukan banyak praktek terutama komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, membaca novel atau apapun dengan menggunakan bahasa Inggris, mendengar lagu/berita juga dengan bahasa Inggris. Intinya biasakan mendengar atau berbicara dengan bahasa Inggris, dijamin jika kita memulai membiasakan hal tersebut maka kita akan mulai bisa terbiasa dengan bahasa Inggris.

Untuk info lebih lanjut kalian dapat menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri

Untuk melihat biaya paket liburan, dapat kalian lihat disini Biaya Kursus Paket Liburan 25 Juli 2018 Gratis Biaya Asrama

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,