Cara Mudah Belajar Speaking Tanpa Menggunakan Grammar

Cara Mudah Belajar Speaking Tanpa Menggunakan Grammar. Guys, pasti banyak dari kalian yang ingin menguasai speaking dalam bahasa Inggris tetapi bingung caranya karena terkendala grammar. Sebenarnya, untuk lancar berbicara dalam bahasa Inggris, itu sangat mudah, asal lawan berbicara kita paham tentang apa yang kita katakan, saya rasa sudah cukup. Resep utama untuk bisa writing in English adalah write in English as much as possible, resep untuk bisa listening in English adalah listen in English as much as possible dan begitu juga dengan speaking. Pasti banyak dari kalian yang pernah menghindari obrolan dalam berbahasa Inggris. Mulai dari takut, malu, cemas, bahasa Inggrisnya jelek, dan seterusnya. Padahal, kemampuan untuk ngomong atau speaking dalam bahasa Inggris itu sangat penting. Hal yang paling penting dari bisa ngomong dalam bahasa Inggris itu adalah komunikasi. Bahaya nggak sih kalo kita nggak bisa ngemukain pendapat/ ide cuma gara-gara nggak bisa ngomong in English.

Beberapa Tips Belajar Speaking Secara Mandiri

  1. Terima Kenyataan Bahwa Kalian Pasti Melakukan Kesalahan. Untuk start speaking in English, jangan tergesa-gesa. Di awal kalian tidak bisa langsung mahir berbahasa Inggris. Karena itulah, kita harus buang rasa takut, cemas, malu akan kesalahan-kesalahan. Yang namanya belajar speaking itu, mulai dari logat kalian tidak beraturan, tidak tau harus berbicara apa, salah grammar, terbata-bata, dan itu normal banget. Kesalahan itu hampir pasti terjadi, dan kita harus menerima kalo kita bakalan salah suatu saat. Kalian juga wajib buang jauh-jauh kecemasan akan pencitraan atau cemoohan orang lain yang biasanya dibilang norak, diketawain, dianggep sok Inggris, dll. Berani saja dulu, ini kan ilmu yang sangat berguna. Toh ketika speaking lo jadi bagus di masa depan, kita sendiri yang paling kena dampak positifnya. Menerima kesalahan itu adalah alasan yang sangat amat penting untuk belajar apa pun, speaking in English hanyalah salah satunya. Itu membuat kita terbuka sama kritik dan membuat kita jadi lebih baik. Mendingan kalian salah dan malu sekarang atau pas nanti kalian terjun di masyarakat? Ketika kalian kerja, jadi politisi, atau pembisnis yang memiliki usaha sampai ke tingkat internasional, baru kalian sadar akan pentingnya bahasa Inggris.
  2. Terus  Latihan Berbicara Meski Bahasa Inggris Kalian Masi Buruk. Meski kita diawal tidak bisa berbahasa Inggris atau bisa tetapi masih acak-acakan, untuk awal, nggak masalah, yang terpenting kalian harus percaya diri dulu. Di awal, kalian bisa berbicara bahasa Inggris menggunakan kalimat-kalimat yang simpel. Tidak harus mulai speaking pakai kalimat kompleks dan vocab yang berat-berat. Nggak perlu juga grammar-nya, ribet kan? Mulailah dengan hal yang simpel. Ketika ngomong sama orang lain, kita bisa ngerespon dengan senyum, ngangguk, yes/no, kalimat pendek, ataupun pertanyaan pendek. Tapi itu hanya awalnya lho, berikutnya jangan lupa bahwa dasar-dasar bahasa Inggris juga wajib kalian tingkatin. Grammar dan vocab itu menjadi dasar dalam bahasa Inggris, harus dipelajarin. Pengetahuan kita akan grammar dan vocab membantu speaking kita menjadi jauh lebih jelas, lebih kaya informasi, dan lebih ekspresif. Justru grammar dan vocab adalah dasar dari speaking, listening, reading, dan writing. Memang sih di awal speaking, percaya diri aja dulu.
  3. Biasakan Kalian Berada di Lingkungan yang Berbahasa Inggris. Di awal kalian bisa bergabung ke dunia berbahasa Inggris ala kadarnya. Dunia bahasa Inggris itu bisa kalian buat sendiri. Coba ganti buku yang kalian baca dengan buku berbahasa Inggris, setel film berbahasa Inggris, dengerin podcasts dan siaran radio berbahasa Inggris (kalo bisa tiruin native speaker ngomong), kalo nyatet di kelas pake bahasa Inggris, bikin English Day untuk ngobrol sama temen/keluarga dengan bahasa Inggris, hp kalian diset berbahasa Inggris, baca artikel/koran/majalah berbahasa Inggris, meng-install kamus Inggris-Inggris. Ikutan acara ekstra kulikuler atau kegiatan sekolah/kampus atau club Bahasa Inggris juga bisa. Kegiatannya nggak harus punya efek langsung ke speaking kalian, efek ke pemahaman bahasa Inggris kalian juga bisa ngaruh loh ke speaking. Dengan membuat dunia bahasa Inggris kalian sendiri, kalian bisa terinspirasi dari banyak hal di sekitar kalian untuk lebih menggali bahasa. Nah bergabung di lingkungan berbahasa Inggris itu bisa menginspirasi kalian untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi dalam hal apa pun, termasuk speaking di dalamnya.
  4. Cari Teman Berbicara. Terakhir, ini adalah salah satu hal yang penting banget. Coba cari partner untuk bisa bebas ngomong bahasa Inggris. Partner ini harus mendorong kalian untuk ngomong bahasa Inggris, mengkritik salah-salahnya kalian (dan sebaliknya), dan bisa dijadiin temen diskusi bermacam-macam topik. Kalo kita nggak punya temen native speakers, nggak masalah. Kita bisa cari temen non-native yang tetep bisa bantu kita belajar, kok. Satu lagi, jangan lupa nih. Untuk bisa bicara bahasa apa pun dengan lancar, kita harus melakukannya secara rutin. Kalau nggak, kita bakalan lupa.

Sekian tips cara belajar speaking secara mandiri, Ayo, semangat terus belajar bahasa Inggris dan tak perlu khawatir lagi karena sebenarnya belajar bahasa Inggris itu mudah. Jika kalian berminat untuk belajar lebih jauh tentang bahasa Inggris, kalian dapat langsung datang atau menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri atau kalian bisa langsung menghubungi di nomor berikut 0823 2005 5005.

tags: , , , , , ,