Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Berbahasa Inggris

Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Berbahasa Inggris. Lancar berbahasa Inggris adalah impian dari kebanyakan orang. Terkadang, sebagian orang sangat pandai dalam menulis ataupun teori dalam berbahasa Inggris tetapi kurang dalam segi berbicara. Dalam bahasa Inggris, percakapan sangat penting dalam belajar bahasa inggris. Namun sayangnya banyak orang yang beranggapan bahwa berbicara bahasa Inggris itu hanya untuk orang-orang dengan profesi tertentu, sehingga menimbulkan rasa kurang percaya diri untuk memulai percakapan dengan bahasa Inggris. Padahal kita tahu, jika bahasa Inggris adalah salah satu di antara bahasa internasional. Untuk kalian yang sudah belajar bahasa Inggris namun masih belum percaya diri dalam berbicara, berikut adalah kiat-kiat untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri kalian:

Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Berbahasa Inggris

  1. Berani untuk Berbicara. Salah satu tips untuk belajar berbicara dalam bahasa Inggris, yaitu berani membuka mulut kalian dan berbicaralah dengan bahasa Inggris. Semakin banyak percakapan / berbicara, maka kalian akan terbiasa dan cara berbicara kalian semakin lancar. Mungkin kalian terlalu malu untuk berbicara atau bingung mau memulai percakapan seperti apa. Jangan berdalih, kalian tak akan bisa bicara jika tak mau membuka mulut. Apapun yang kalian lakukan, pikirkanlah bahwa bicara bahasa Inggris itu mudah. Jangan tutup pikiran kalian untuk mencoba dan berilah kesempatan pada diri kalian sendiri untuk menjadi lebih baik. Jadi solusinya adalah, mulai sekarang, beranilah membuka mulut, latihlah diri kalian dari percakapan sehari-hari yang paling ringan.
  2. Sering Mendengar dan Mengulanginya. Kalian yang menyukai film, musik, dan menonton saluran YouTube favorit beruntunglah. Hobi tersebut bisa kalian manfaatkan sebagai media belajar bahasa Inggris. Jangan hanya menonton dengan diam, dengarkan dialog yang sedang dibicarakan, lalu kalian ulangi dialog yang kalian anggap menarik. Teruskan, putar ulang, dan dengarkan percakapan mereka berulang kali jika diperlukan, lalu lakukan latihan secara berulang-ulang. Ini bisa membuat kalian semakin fasih dalam pengucapan setiap katanya. Kalian pun bisa mengaktifkan pengaturan subtitle bahasa Inggris sehingga kalian bisa memahami setiap kata. Ini adalah cara paling mengasyikan untuk mempraktikan kemampuan mendengar dan berbicara kalian dengan menggunakan material yang menyenangkan dan menghibur.
  3. Jangan Takut Membuat Kesalahan. Kekhawatiran terhadap kesalahan membuat kita terjebak terus-menerus, sehingga proses belajar semakin terhambat. Membuat kesalahan adalah sifat yang sangat manusiawi. Percayalah, kita tidak akan pernah lepas dari kesalahan. Namun, lebih baik melakukan kesalahan daripada tidak mencoba sama sekali. Setidaknya, dari kesalahan-kesalahan itu kita bisa belajar dan tahu dimana letak kesalahannya, sehingga kita tidak mengulanginya lagi. Itulah makna dari belajar. Inilah yang bisa memperbaiki kemampuan belajar bahsa Inggris kalian. Semakin banyak membuat kesalahan, maka semakin besar pula kesempatan kalian menjadi lebih baik.
  4. Cari Teman, Mulailah Percakapan. Dalam setiap proses belajar, pada dasarnya kita selalu membutuhkan seorang teman atau guru untuk membantu agar kita bisa membenarkan atau melatih menjadi pandai. Untuk menguasai pengucapan dalam bahasa Inggris, keberadaan teman atau tentor untuk lawan bicara pun juga menjadi elemen penting yang harus dilakukan. Dengan keberadaan teman atau tentor untuk lawan bicara, tentu hal itu sangat membantu kita untuk dapat menguasai pengucapan bahasa Inggris secara cepat. Teman atau tentor lawan bicara akan mengoreksi, membantu, dan juga memperbaiki, apabila nanti ketika bercakap-cakap kita tidak sengaja mengucapkan kalimat yang salah tatanan katanya. Jadi, jangan malu, apalagi merasa minder jika kalian belum menguasai kalimat-kalimat percakapan.

Kepercayaan diri dalam belajar bahasa Inggris itu sebenarnya mudah untuk dibangun. Kalian juga dapat mengambil kelas khusus conversation. Jika kalian ingin mendapatkan informasi seputar pelajaran bahasa Inggris, kalian dapat menyimpan kontak kami 0823 2005 5005 di Whatsapp kalian. Dan setiap hari kami akan memposting pelajaran seputar bahasa Inggris pada Whatsapp story. Untuk info lebih lanjut seputar Kampung Inggris, Biaya kursus, dan Biaya Privat kalian dapat langsung menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

tags: , , , , , , , , , ,