Cara Belajar Bahasa Inggris yang Tepat Secara Otodidak

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Tepat Secara Otodidak. Pada era globalisasi saat ini, memiliki kemampuan berbahasa Inggris bukanlah hal yang dianggap luar biasa. Perkembangan zaman saat ini menuntut para palajar, karyawan, dan pembisnis dapat berbahasa Inggris. Maka dari itu banyak orang yang ingin menguasai dan fasih dalam berbahasa Inggris. Padahal sudah sekitar 12 tahun mungkin kalian sudah belajar bahasa Inggris dari bangku SD hingga bangku kuliah tetapi masih merasa belum bisa menguasai bahasa internasional yang satu ini. Memang untuk menguasai bahasa yang satu ini kalian harus memiliki motivasi dan kemauan kuat dalam belajar. Jika kalian suka malas dan sering menunda – nunda waktu belajar, maka hasil belajar tidak akan maksimal.

Jika Jika kalian ingin sekali bisa ngomong bahasa Inggris seperti seorang layaknya seperti bule, maka cari tahu niat kalian buat belajar bahasa Inggris itu apa sih sebenarnya. Apa yang mendorong kalian ingin bisa dan fasih berbahasa Inggris. Contoh kalau saya sih kenapa belajar bahasa Inggris karena bahasa Inggris itu sangat penting untuk masa depan kita. Untuk masuk kuliah, mau jadi pembisnis, atau mau kerja di suatu perusahaan yang besar atau multinasional, tes wawancara nya pakai bahasa Inggris.

Meski kita terkadang ingin belajar bahasa Inggris dengan cara mengikuti sebuah kursus, selalu aja ada halangannya. Mulai dari tidak adanya waktu untuk mengikuti kursus karena sibuk, hingga tidak adanya biaya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Padahal, memiliki kemampuan berbahasa Inggris pada era saat ini adalah suatu keharusan, mau tidak mau kita dituntut untuk bisa menguasai bahasa yang satu ini. Jika kalian tidak ada waktu untuk mengikuti kursusan, berikut ini kami berikan beberapa tips cara cepat belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Cara cepat belajar bahasa Inggris secara otodidak

  1. Pelajari terlebih dahulu kata-kata bahasa Inggris dasar. Sebelum kalian mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya kalian mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Beberapa contohnya dapat kalian lihat disini “Kosakata Bahasa Inggris yang Sangat Penting“.
  2. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya. Di zaman teknologi ini tentu mudah bagi kalian untuk mengunduh lagu berbahasa Inggris. Jika kalian pecinta musik tentu belajar sambil mendengarkan musik sangat menyenangkan. Dalam tahap ini kalian tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Namun dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget kalian. Setelah lirik lagu selesai Anda tulis, cek lirik tersebut di internet. Apakah benar semua atau ada yang salah. Hal ini akan melatih kemampuan bahasa Inggris listening kalian.
  3. Menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia. Hal menyenangkan lain yang bisa kalian gunakan sebagai sarana belajar bahasa Inggris adalah dengan menonton film yang berbahasa Inggris. Tentu saja untuk membuat kalian semakin terbiasa dengan bahasa Inggris, mulailah dengan menonton film tanpa ada subtitle bahasa Indonesia. Jika masih kesusahan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Jika menemukan kata yang susah, catat dan cari artinya untuk menambah kosakata bahasa Inggris kalian.
  4. Sering membaca artikel berbahasa Inggris. Nah, membaca. Membaca adalah salah satu kebiasaan yang sulit diterapkan karena memang bukan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia hahahaha. Tapi tentu saja meski kalian merasa berat dan malas, kalian tetap harus mulai untuk belajar membaca artikel apapun yang berbahasa Inggris. Hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading) kalian.
  5. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang tidak kalian mengerti lalu catat dan hafalkan. Jika selama mendengarkan musik, menonton film, dan membaca dalam bahasa Inggris dan jika kalian menemukan kata-kata asing yang tidak kalian mengerti. Jangan hanya dilewati saja. Catat dan hafalkan. Hal ini merupakan salah satu cara mudah belajar bahasa inggris.
  6. Cobalah menulis sesuatu dalam bahasa Inggris. Berikutnya ketika vocabulary atau kosakata bahasa Inggris Anda sudah banyak. Mulailah menulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan writing Anda meningkat. Seperti latihan menulis cerita kegiatan sehari hari, dll.
  7. Teruslah berlatih kapanpun dan di manapun. Jangan malu untuk menunjukkan Anda sedang belajar bahasa Inggris. Memang terkadang susah susah gampang karena jika kita praktekkan di sekolah, atau pada teman, seringkali kita bakal dihina. Tetapi jangan hiraukan itu guys, terus latihan dan praktikkan terus kapanpun dan di manapun kalian berada.
  8. Gunakan internet untuk latihan berbahasa Inggris secara gratis. Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak bagi pemula selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas internet di mana ada banyak sekali website yang dapat membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris secara benar. Contohnya seperti pada Kursus Bahasa Inggris Via Whatsapp Gratis.
  9. Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris. Lihatlah lingkungan sekelilingmu, apakah ada seseorang yang kalian kenal fasih berbahasa Inggris? Atau mungkin ada komunitas pemuda yang menggunakan bahasa Inggris? Ajaklah kenalan kalian atau bergabunglah pada komunitas tersebut untuk mencari lawan berbicara bahasa Inggris. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan kemampuan speaking kalian
  10. Kursus. Langkah terakhir adalah dengan kursus. Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri. Namun jika Anda kesulitan untuk menerapkan beberapa cara di atas maka kursus adalah pilihan lain yang bisa Anda pilih untuk cara cepat belajar bahasa Inggris. Untuk informasi kursusan kalian bisa klink DISINI.

Nah itulah beberapa tips yang bisa membantu kalian untuk belajar bahasa Inggris. Ayo, semangat terus belajar bahasa Inggris dan tak perlu khawatir lagi karena sebenarnya belajar bahasa Inggris itu mudah. Jadi jika kalian ingin benar-benar belajar bahasa Inggris, memanfaatkan waktu luang kalian sebaik mungkin, dengan belajar di sela kesibukan kalian. Jika kalian berminat untuk belajar lebih jauh tentang bahasa Inggris, kalian dapat langsung datang atau menghubungi Kantor Pusat Kampung Inggris Pare Kediri.

Raja Inggris Pare:

  • cara belajar bahasa inggris otodidak
tags: , , , , , ,